Menggali Makna Keluarga

keluarga, apa arti keluarga bagimu?

Bagiku keluarga adalah orang yang teramat dekat, tempat kita saling berbagi, tempat kita saling memberi, tempat kita berkorban, tempat kita menumpahkan fitrah kita sebagai manusia.

hmmp, keluarga, tempat kita kembali, memperkuat ruhiyah kita, memperkuat tarbiyah, memperkuat ukhwah. Dan aku telah memilih. Bagiku keluarga ditautkan bukan hanya oleh darah, namun lebih dari itu oleh akidah. Pertautan yang sangat kuat. Bayangkanlah ada seseirang yang rela membagi dua hartanya, bahkan mempertaruhkan nyawanya demi keluarganya yang lain. Dan itu bukan ditautkan oleh darah namun akidah.

Karena itu aku bingung ketika ada saudara kita yang terluka, namun ada sebagian saudara yang lain, yang masih dengan tenangnya  tidak ambil peduli dengan penderitaan saudara-saudaranya. Bahkan ada yang justru membantu musuhnya untuk membantai saudara-saudaranya. Apakah makna keluarga bagi orang-orang seperti itu?

hmmp, kata “keluarga” membuatku kembali merenung. Sampai saat ini aku sudah menemukan empat tempat dimana, sungguh, aku menemukan makna keluarga disana. Keluarga yang memberi spirit, yang memberi kekuatan untuk terus berjuang. Keluarga tempatku kembali mengisi kembali energi jiwa, setelah diserap kerasnya dunia.

berikut keluarga yang kupunya :

1. Keluargaku, Bapak, Ibu, Mas Agunk, Mas Didit , Titis

wah ini mah, ga usah ditanya lagi. Inilah keluarku yang paling dekat. Sungguh aku sayang semuanya. Yah walaupun aku memang nyebelin tapi kalian sayang juga padaku kan?. Berkat mereka semualah aku bisa sampai seperti ini. Masuk ke ITB, mengerti arti dan tujuan hidup, mengerti makna saudara yang sesungguhnya, dan lainnya. Ya Allah limpahkanlah rahmat bagi keluarga kami ya Allah. Lapangkanlah rezekinya, berilah rezeki yang halal dan melimpah ya Allah, berilah kami hidayahMu, dan pertemukanlah kami ke dalam SyurgaMu ya Allah.

2. Hikari.pro

nikah-k-bams

Disinilah, lingkaran cahaya itu dimulai. Ditengah usia yang beranjak dewasa, ditengah kegamangan masa muda, keluarga ini memberiku sebuah jawaban. Pertanyaan sederhana yang tak mudah menjawabnya “untuk apa aku hidup? apa tujuan ku hidup? mengapa aku memiliha islam?”. Di keluarga inilah aku menemukan hakikat hidup, tujuan dan agamaku. Dengan tutur katanya yang lembut, dengan gaya diskusinya yang hidup, dengan tertawanya yang tulus, keluarga ini membawaku ke majelis yang dinaungi sayap-sayap malaikat. Sungguh terimakasih kepada K’ Bambang, Irwan, Tangguh, Frans, Ical, telah hadir dalam persimpangan hidupku, untuk menuntunku ke jalan yang insya Allah diridhoiNya. Moga kita bisa melakukan “lingkaran jumat sore” tidak hanya di Masjid Muhajirin namun hingga ke syurgaNya nanti. Amin.

3. Anak-anak Wisma Minang.

wah, ini juga the best lah. Tempat ku berkaca tentang pengetahuan Al-Quran dan Akademikku. Parah banget lah. Ada yang udah hafalan Qurannya 10 juz dengan IPK mentereng. hmmp, banyak yang harus dievaluasi nih. Ada juga yang semangatnya ga pernah mati, apapun akan dilakuin dah, selama itu demi dakwah. Aku beljar banyak kata militansi dari beliau. Yah, intinya Wisma inilah tempat aku biasa kabur, kalau dah jenuh di asrama. Apalagi jika ditemani oleh Rendang yang selalu siap dikirim dari bumi minang. Hehehe, thanks for all my bro.

4. PPSDMS Regional 2 Bandung.

ppsmdms 2 bandung

ya, disini kami berkeluarga dengan 35 orang saudara, dan satu orang “bapak” tanpa istri dan ibu. Di rumah kami, semua berusaha menempa diri, membuat diri menjadi lebih baik dari hari ke hari. “no Excuse” adalah semboyan kami dalam menaklukan hari-hari. Satu cita-cita kami : Indonesia yang lebih baik dan bermartabat dan Kebaikan dari Allah Pencipta Alam Semesta.

Yah mungkin inilah keluarga ku saat ini. Hanya berharap bisa memasuki SyurgaNya dengan mereka semua. Oya, keluarga lain yang sungguh juga sangat aku sayangi :

Formasi06 ;makasih kak, dah membimbingku

Formasi07 ;my family forever,

Formasi08 ;makasih banget dah melanjutkan estafet dakwah ini

Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS) ITB ) ;tempatku menempa diri saat ini

Himpunan Mahasiswa Sipil ITB ;you rocks( atau concrete ya?) man!!!

teriring doaku agar kita semua dikumpulkan disyurgaNya

ditengah kerinduan akan kampung halaman

About these ads

4 comments on “Menggali Makna Keluarga

  1. Pingback: Individu Keluarga dan Masyarakat | hadinugroho6939

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s