wiratman wangsadinata

selama dua bulan kerja praktek di tempat beliau, baru tadi pagi bertemu langsung dengan orangnya. Prof. Wiratman Wangsadinata, beliau adalah salah satu pakar dan praktisi senior di bidang konstruksi Indonesia. Akan tetapi ketika bertemu langsung dengan beliau yang tampak adalah kesan kesederhanaan dan pemikiran sistematis khas engineer. Dengan tenang, beliau mulai memberikan penjelasan mengenai peta gempa yang baru kepada kami. Dimulai dengan sejarah pembuatan peta gempa dan cerita-cerita dibaliknya. Sampai penjelasan melangit apa itu “respon spectrum”, bagaimana cara menurunkannya, sampai pengaruhnya pada analisa struktur suatu bangunan. Meskipun awalnya sulit untuk dicerna akan tetapi karena ditambah dengan cerita-cerita khas-nya tentang dunia konstruksi Indonesia, membuat suasana pelatihan ini menjadi lebih segar, hidup, dan “berdaya guna”.

***

berikut profil lengkap dan biografi singkat beliau :

Prof.DR.Ir. Wiratman Wangsadinata dilahirkan di Jakarta tahun 1935 dan lulus sebagai Sarjana Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1960. Karir akademiknya dimulai sejak ia lulus dari ITB dengan langsung menjadi tenaga pengajar (luar biasa) di Jurusan Teknik Sipil ITB. Tahun 1992 ia meraih gelar Doktor dari ITB dalam bidang Rekayasa Struktur dengan predikat Cum Laude, tahun 1995 – 2004 menjadi Guru Besar di Jurusan Teknik Sipil ITB. Tahun 1998 – 2005 ia menjadi Guru Besar dan sejak tahun 2005 Guru Besar Emeritus di Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara. Ia diangkat menjadi  anggota Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tahun 2003 – 2006.

Seiring dengan pengembangan karir akademiknya, DR. Wiratman juga meniti jenjang profesionalnya di industri konstruksi. Ia memulainya sebagai Insinyur Perencana di Jawatan Jalan-jalan dan Jembatan Dep. PU (1960 – 1965), menjadi Direktur dari PN Perencana INDAH KARYA (1965 – 1970), diangkat menjadi Pengawas Pemerintah untuk perencanaan dan pelaksanaan Gedung Wisma Nusantara bertingkat 30, proyek investasi Pemerintah sekaligus gedung tinggi pertama di Indonesia (1970 – 1973), kemudian ditunjuk menjadi Konsultan pada Proyek Pemugaran Candi Borobudur yang disponsori oleh UNESCO (1973 – 1983). Ia mendirikan perusahaan konsultan sendiri PT. WIRATMAN & ASSOCIATES tahun 1976 dan menjadi Direktur Utamanya sampai sekarang. Selama ini perusahaan ini telah menyelesaikan lebih dari 3300 pekerjaan konsultansi dalam berbagai disiplin, a.l. dalam proyek multi-disiplin yang berskala besar, telah meraih Sertifikat ISO 9001:2000 tahun 2002 dan Penghargaan Karya Konstruksi 2003 dari Pemerintah RI.

Selama ini DR. Wiratman telah menulis lebih dari 200 makalah teknik yang dipresentasikan dalam berbagai konperensi nasional maupun internasional. Untuk karya-karya pribadinya yang menonjol, DR. Wiratman telah menerima berbagai penghargaan, a.l. Adhicipta Rekayasa 1994 untuk Teknik Sipil dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan ASEAN Achievement Award 1994 for Engineering dari ASEAN Business Forum.  Sebuah makalah berjudul “Dynamics of Roadway Pavements” yang ditulis bersama Prof. DR. Sofia W. Alisjahbana pada Fourth International Conference on Concrete under Severe Conditions, Seoul, Korea, June 27 – 30, 2004, memperoleh penghargaan Karya Tulis Konstruksi tahun 2004 dari Dep. PU. Tahun 2005 DR. Wiratman menerima penghargaan dari Dep. PU berupa predikat “Tokoh Konstruksi Indonesia”. Ia memegang paten dalam pembuatan terowongan “Sistem Antareja” No. ID 0 009 677. Saat ini DR. Wiratman menyandang Sertifikat Insinyur Profesional Utama (IPU) dari PII dan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI).

Kedudukan DR. Wiratman di dalam organisasi dan asosiasi profesi saat ini adalah a.l. Anggota PII; Anggota dan mantan Ketua Tim Penasehat Konstruksi Bangunan (TPKB) DKI Jakarta; Pendiri, Anggota Kehormatan, Anggota Dewan Pertimbangan dan mantan Ketua HAKI; Pendiri, Ketua Dewan Kehormatan Nasional dan mantan Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO); Anggota Dewan Pembina Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Tingkat Nasional; Anggota Majelis Pertimbangan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN); Anggota the New Zealand National Association for Earthquake Engineering; Anggota Council on Tall Buildings and Urban Habitat, USA

***

untuk menjadi orang yang sukses, salah satu catanya adalah belajar dari pengalaman orang lain bukan?? sungguh beliau adalah sosok yang saya kagumi dari dedikasi dan kecintaannya pada bidang yang saya geluti sekarang : teknik sipil. Semoga bisa menjadi penerus beliau dalam membangun infrastruktur yang ada di Indonesia.

About these ads

6 comments on “wiratman wangsadinata

  1. beliau adalah panutan kita para pelaku industri d bidang konstruksi teknik sipil::
    semoga ini membuat kita semua semngat untuk membangun infrastruktur indonesia,,amin,,,

  2. Apakah PT Wiratman juga menagani Konsultansi Pembangunan Mini Hydro?

    Kami sedang mencari Konsultan dibidang itu.

    Terimakasih

  3. sukses selalu pak..
    bagaimana cara dan persyaratan masuk perusahaan bapak??
    saya tertarik bukan hanya karna perusahaan bapak besar tetapi juga karna siapa dulu pemiliknya??
    saya masih semester 5 dijurusan teknik sipil ITN Malang,mumpung masih muda, mungkin jika bapak memberi tahu apa saja syaratnya, bukan tidak mungkin saya berusaha dari sekarang untuk mencapai target itu..khayal dulu…hihihi
    di balik kemauan yg keras harus jg ada usaha yg keras juga pak..
    maaf pak, coment saya mengotori..hihiihi
    sekedar cari motivasi..
    terima kasih pak..

  4. kepengen ikut proyek Jembatan Selat Sunda ( JJS )..
    bagaimana caranya???
    gak usah dibayar, yang penting dapat ilmu gratis..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s