kiamat 2012 !!??

sejak muncul isu kiamat akan terjadi 2012, dunia menjadi gempar. Kajian-kajian dilakukan dimana-mana, intinya untuk mendapatkan kejelasan, apakah benar pada tahun 2012 akan terjadi bencana global yang akan mengancam eksistensi manusia di muka bumi?

Isu-isu yang berkembang ini diperkuat dengan berbagai isu lain yang mendukung. Baik yang rasional maupun irasional. Para ahli astronomi mengatakan bahwa pada tahun 2012 akan terjadi badai matahari terbesar yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Aktivitas matahari ini akan mempengaruhi keseimbangan di bumi, yang pada akhirnya akan memicu berbagai bencana alam. Kemudian, dikatakan pula bahwa penanggalan suku maya (yang katanya sangat “akurat” dan “tepat”) akan berarkhir pada tahun 2012. Apakah ini pertanda bahwa suku maya sudah meramalkan bahwa akan terjadi bencana besar pada tahun 2012??

Wallahualam. Yang pasti, bagi saya menentukan hari kiamat PASTI jatuh pada tanggal sekian bulan sekian tahun sekian.. adalah sebuah kebodohan…
Hari kiamat adalah misteri yang hanya Allah yang tahu, kapan hal itu akan terjadi. Pun Rasulullah hanya memberikan berbagai tanda-tandanya.
tanda-tanda itu diberikan bukan dengan maksud bagi kita untuk menebak-nebak kapan terjadinya. karena itu TIDAK PENTING. Memang apa yang akan dilakukan jika kita tahu kapan tanggal pastinya, apakah akan membuat kapal-kapal raksasa (seperti yang ditampilkan di film 2012) untuk lolos dari bencana itu? Apakah kisah dari anak Nuh tidak cukup menjadi pelajaran!!??

Yang lebih penting adalah sudah sejauh apa persiapan kita untuk menyambut hari kebangkitan itu. Hal  yang digambarkan dengan sangat luar biasa dalam al-Quran pada surat yang bercerita tentang kedasyatan hari kiamat. Surat al-Zalzalah pada dua ayat terakhir.  Seakan-akan Allah berbicara kepada kita untuk tidak usah terlalu peduli kapan saatnya hari kebangkitan itu datang. Jauh lebih penting persiapan yang dilakukan untuk menyambutnya. Agar kita mempersiapkan diri, walau dengan kebaikan sebesar dzarrah atau menghindari kejahatan walau hanya sebesar dzarrah.

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. . Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula (QS. 99: 7-8)

Advertisements
kiamat 2012 !!??

2 thoughts on “kiamat 2012 !!??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s