sabar dan syukur

“Jika sabar dan syukur adalah dua tunggangan, maka aku tidak peduli mana yang akan kunaiki”. Kata-kata bijak ini terlontar dari lisan Umar bin Khattab. Sejatinya memang demikian. Coba bandingkan kedua kalimat ini…

“jika engkau mendapatkan kesulitan maka bersyukurlah, jika engkau mendapatkan kesenangan, maka bersabarlah”.

“jika engkau mendapatkan kesenangan maka  bersyukurlah, jika engkau mendapatkan kesulitan maka bersabarlah”.

Apakah ada yang berbeda? sejatinya tidak ada !! Karena jika kita memandang bahwa tiap kesulitan, cobaan, hambatan yang ada pada tiap jenak hidup kita adalah sarana dari Allah untuk meningkatkan kapasitas diri kita, maka kita wajib bersyukur atas itu. Karena Allah masih sayang dengan

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

Sebaliknya, jika Allah hendak menguji kita dengan segala kesenangan dunia, maka sungguh kita sepatutnya bersabar. Betapa banyak orang yang ketika diberi Allah ujian berupa kesengsaraan dan kepayahan ia dapat bertahan darinya. Sementara jika ujiannya berupa kesenangan dan kelapangan, ia mudah sekali untuk tergelincir. Beruntunglah orang-orang yang mampu bersabar atas segala kebaikan yang Allah karuniakan kepada dirinya.

“Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa”

sabar dan syukur, dua sisi yang sejatinya sama. Bagian mana yang kamu pilih tidak jadi soal, karena keduanya adalah kunci keajaiban seorang muslim. Ya Allah karuniakan kepada kami, rasa syukur dan sabar, rasa sabar dan syukur.

Advertisements
sabar dan syukur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s