Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. HE

ada orang yang bilang, salah satu metode belajar terbaik untuk menjadi seseorang adalah dengan meniru atau mempelajari apa yang sudah dilakukan oleh seseorang tersebut. atau dalam bahasa mudahnya, pelajarilah biografi orang tersebut. berikut adalah tapakan karir dari seorang Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. HE. menteri PU kabinet Indonesia Bersatu.

***

Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. HE. adalah Menteri Pekerjaan Umum pada Kabinet Indonesia Bersatu. Kirmanto dilahirkan di Pengging, Jawa Tengah, 5 Juli 1943.

Djoko menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di kota kelahirannya. Lulus SMA tahun 1961, melanjutkan studi di Jurusan Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, lulus tahun 1969. Kemudian meneruskan pasca sarjananya di Land and Water Development (IHE-Delft), Belanda pada tahun 1977. Sesaat setelah lulus kuliah, Djoko menjadi Site Engineer pada proyek Departemen Pekerjaan Umum (DPU): Pembangunan Pondasi Jembatan Karangsemut di Yogyakarta. Nah, proyek inilah yang menjadi awal langkah Djoko menapak karir birokrasi di DPU.

Bergabung dengan DPU pada 2 Januari 1970, selanjutnya Djoko menangani berbagai proyek penting departemen tersebut. Antara tahun 1970-1974, ia menjadi Asisten Perencana pada Proyek Irigasi Sadang, Sulawesi Selatan. Pada Proyek Pekalen di Jawa Timur (1976-1980), ia sudah menjadi Deputi Teknik. Setelah itu ia kembali menjadi Deputi Kepala Staf Proyek Irigasi IDA di Jakarta (1980-1983). Sampai akhir tahun 1980-an itu, peraih gelar pascasarjana Dipl. HE dari sebuah universitas di Belanda ini masih beberapa kali ditugaskan dalam berbagai proyek pembangunan yang melibatkan DPU.

Di awal 1990-an, Djoko menjabat sebagai Inspektorat Wilayah, 1991. Dalam satu dekade kemudian, ia sudah menjadi Direktur Jenderal Pengembangan Permukiman Departemen Pengembangan Wilayah. Selama 32 tahun lebih, Djoko mendedikasikan pengabdiannya di Pekerjaan Umum, sebelum akhirnya mengakhiri karir PNS sebagai Sekjen Departemen Kimpraswil pada November 2003. Atas pengabdiannya, tiga kali ia memperoleh penghargaan Satyalencana dari pemerintah.

Setelah pensiun, Djoko sempat menjabat Dewan Pengawas Perum Perumnas dan anggota komisaris Bumi Serpong Damai. Baru satu tahun ia menjalani masa pensiun, Djoko diminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin dan menghidupkan kembali DPU. Pembangunan perumahan, bidang yang menjadi spesialisasi dan prioritasnya. Proyek yang ditawarkan pemerintah Indonesia kepada investor asing tersebut antara lain berupa pembangunan jalan tol dan air bersih di 24 lokasi di Indonesia.

Advertisements
Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. HE

2 thoughts on “Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. HE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s