semakin percaya

semakin percaya, yang mereka cinta sebenarnya adalah Allah, adalah kebenaran, adalah dakwah adalah misi hidup mereka. Bukan orang, benda, atau bentuk apapun, apatah lagi hanya sekedar posisi.

Semakin merenungi, kalimat diatas. Bahwa ditengah hiruk pikuk politik (baik kampus maupun nasional), saya semakin percaya, bahwa yang harus kita perjuangkan dalam ranah kekuasaan adalah isi dan cara,  bukan semata-mata sosok, citra dan image.

Isi menjadi begitu bermakna, karena dari isi yang baik itulah kita mampu membawa perubahan. Jika isinya saja sudah tidak baik, apatah lagi yang bisa diharapkan. Bungkus roti seenak apapun tidak akan pernah dapat menyembunyikan busuk dan tidak enaknya daging busuk didalamnya. Dan dengan isi yang kuat, mengakar dan keyakinan yang dalam akan isi tersebut, jadilah tentara-tentara yang memperjuangkannya menjadi tentara fikrah, bukan lagi tentara kepentingan dan ambisi.

Cara, ini juga tidak kalah pentingnya. Ingat yang ingin kita menangkan bukan hanya akal, bukan hanya teritori, bukan hanya posisi! yang ingin kita menangkan adalah hati. Dan hati, hanya bisa disentuh dengan akhlaq yang menawan, dengan cara yang baik. Jangan sekali-kali ambisi mu akan “kemashalatan yang lebih besar”, menafikkanmu dari jalan mengambilnya dengan cara yang terbaik. Selamanya kaidahnya berbunyi “tujuan tidak pernah bisa mengalahkan cara”. Apalah arti “kemenangan” posisi, jika hati orang-orang sudah terluka terlebih dahulu melihat cara kita mendapatkannya.

huff, persoalan ini mungkin tidak sesederhana apa yang saya tuliskan diatas. Tetapi terhadap dua kaidah diatas, saya hanya ingin percaya. Lagipula, yang saya yakini, politik hanyalah salah satu bagian dari syumulnya islam, tidak kurang dan tidak lebih dan bahwa akhirnya yang akan memenangkan dakwah ini hanyalah Allah.

Advertisements
semakin percaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s