4 hari yang luar biasa

bismillah..

4 hari yang luar biasa. Bener-bener merecharge semangat dan ruhiyah yang semakin ringkih. Benar dan terbuktilah aksioma itu, “berkawanlah dengan orang shalih, maka sungguh engkau akan menjadi shalih”. bertemu generasi awal pembanguan dakwah di bumi nusantara, sungguh selalu membuat diri ini merasa kecil dan belum melakukan apa-apa.

berceritalah seorang ustadz, dimana beliau diminta menunjukkan ketsiqohan kepada Murabbi beliau, dengan melaksanakan tugas yang aneh-aneh, seperti : “tolong ntm datang jam sekian di masjid xxx”.  Dan itu beliau lakukan tanpa reserve. Dengan kesadaran penuh bahwa, hikmah tidak selalu datang di awal pagi. bahwa ketataan kepada pemimpin, merupakan kepanjangan tangan dari taat kepada Allah. Seringkali untuk memahami sesuatu kita harus benar-benar terjun dan totalitas dalam melakukan sesuatu tersebut. Kita tidak bisa belajar berenang dengan hanya membaca teorinya saja bukan. Butuh keberanian untuk “tercebut” ke dalam kolam.

selain totalitas dalam berjuang,  hal yang paling “menyesakkan” adalah ketika beliau menceritakan tentang amalan-amalan ruhiyah seorang al-akh. Dimasa beliau, sangat jarang ditemukan aktivis dakwah dengan wirid harian kurang dari 1 juz. Saat ini, kondisi yang terjadi adalah sebaliknya, sangat jarang ditemukan aktivis dakwah dengan wirid harian yang mencapai 1 juz. Dalam hal penjagaan al-quran pun demikian. Dahulu biasa, seorang aktivis, yang datang dari latar belakang “bukan pesantren” hafalannya mencapai 2 juz, bahkan mencapai 8 juz. Sekarang ? Padahal kedekatan dengan al-quran adalah salah satu pilar penopang dakwah kita.

4 hari yang luar biasa. Membersamai mereka sungguh, merupakan anugrah Allah yang sangat indah. Akan merindukan momen-momen seperti kemarin bro.. Sangat. Tidur yang sedikit, bergantian menyelesaikan tugas-tugas teknis, membantu saudaranya tanpa diminta. Saling mengingatkan, dan tentu, segala perasaan yang menyatu untuk memberikan yang terbaik untuk adik-adik kita.

Ada yang rela, bolak-balik sekian kali, subang-bandung, dengan mata yang lelah, dan kepala yang berputar. Ada yang rela, mengantar seorang saudari yang harus pulang, demi menengok kakaknya yang sakit, dan baru kembali sekitar jam 1 malam, dan hanya sempat tidur setengah jam. Ada yang rela, waktunya diambil, tenaganya diperas. huff… membersamai kalian, memang salah satu do’a saya yang Allah ijabah.

4 hari yang luar biasa. teruntuk adek-adek yang juga luar biasa. Yang walaupun kadang-kadang terasa susah diatur, tetapi membersamai kalian pun tidak kalah indah. Kebersamaan yang membuat kakak semakin yakin, bahwa roda-roda dakwah ini akan terus berputar, dengan kalian sebagai penggerak utamanya. Semoga apa yang kemarin kakak-kakak semua berikan, benar-benar mampu menjadi bekal untuk meninggikan kalimat Allah.

Adek-adekku yang luar biasa, ingat! fahamlah kalian sebelum beramal, kemudian beramalah dengan ikhlas dan jihad yang sempurna. Dimana jihad hanya akan terwujud dengan pengorbanan, dan totalitas keyakinan kalian yang murni. Namun hanya dengan keteguhanlah kalian bisa melalui jalan yang panjang dan berliku ini. Tsiqah dan taatlah kalian pada pemimpin kalian, insya Allah, Allah akan memberikan jalan. Dan, semoga Allah selalu membersamai kita dalam ikatan terindah di alam semesta, ukhuwah islamiyah.

Lakalhamdu ya Rabb. Sungguh segala pujian dan rasa syukur hanya pantas untukMu…

4 hari yang luar biasa

One thought on “4 hari yang luar biasa

  1. Episode kehidupan baru dimulai kembali… 4 hari yang kami lalui seakan enggan untuk pergi, seolah-olah ingin kembali ke sana selamanya… menikmati sejuknya cuaca keimanan, merasakan khusuknya setiap detik dalam ketaatan, mencicipi nuansa penuh keikhlasan dalam naungan ukhuwah dan kebersamaan, meresapi setiap limpahan ilmu untuk melepas kejumudan hati dan pemikiran…Subhanallah..walhamdulillah…Allahuakbar. Kini kami telah kembali ke medan pertarungan, ranah perjuangan, untuk mengamalkan setiap ilmu yang didapatkan. Semoga ghirah ini tetap terjaga, dengan berbekal kefahaman yang dihiasi keikhlasan, semoga setiap amal dapat menjadi jalan jihad, membuka kesempatan untuk memberikan pengorbanan dan totalitas, diiringi dengan ketsiqahan dan ketaatan dalam selimut ukhuwah, demi tegaknya agama Allah…demi terwujudnya kampus yang madani. institut tarbiyah bangsa…..insyaAllah. jzklh kang taufik semoga setiap detik perjuangan kak taufik dan kakak-kakak 2007 menjadi cahaya penerang dalam menapaki jalan ke surga, untuk menyambut kesempatan menatap wajah Allah….insyaAllah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s