hama-hama amal

sebagaimana tumbuhan, amal pun terancam hama. Riya (beramal untuk dilihat), ujub (kagum diri), sum’ah (beramal untuk populer atau didengar), mann (membangkit-bangkitkan pemberian) adalah hama yang akan memusnahkan amal. Seseorang aktifis yang berkorban dengan semua yang dimilikinya harus mengimunisasi amalnya agar disaat hari perjumpaan kelak tak kecewa karena amalnya menjadi haba-an mantsura

huff, inilah sepenggal nasehat ustadz Rahmat Abdulullah, kepada para da’i yang berjuang di jalannya. Jujur, membaca nasihat ini saya takut, teramat takut. Bahwa ternyata banyak sekali hama-hama amal yang menanti di sepanjang jalan ini. Hama-hama yang pada akhirnya hanya akan membuat segala usaha, upaya, dan kerja selama ini menjadi sia-sia di hadapan Allah.

ya Allah, hindarilah kami dari riya’, beramal karena dilihat orang. Berilah kami kelapangan hati, untuk terus beramal karenaMu. bukan yang lain. ya Allah, hindarilah kami dari ujub. berbangga dengan amalan-amalan kami. berbangga dengan hasil yang seolah-olah terjadi hanya karena usaha-usaha kami. Dan sungguh penyakit ujub ini yang lebih saya takutkan. Datangnya terkadang begitu halus dan lembut.

dengan senyum saudara, yang mengatakan “gw seneng bro, apel tadi pagi sampai 100 orang”, atau “wah kader muda kita sampai 3oo sekian orang”, atau “wah angkatan 2**7 mantap banget ya”.. huf huf,, bagi orang yang tidak benar-benar pintar menata hatinya, sungguh entah disadari atau tidak, sangat mungkin timbul rasa ujub disana. Jika kalimat-kalimat diatas tidak diteruskan dengan kalimat “alhamdulillah”, atau “semua itu karena Allah akh, alhamdulillah”, maka mudah sekali bagi hati ini untuk merasa “wah ini karena kerjaan gw”,”karena jarkom saya” “angkatan gw hebat euy” dll

huff, huff,, ya Allah buang jauh-jauh pikiran-pikiran itu. Buatlah kami yakin seyakin-yakinnya, bahwa kami semua adalah prajuritMu, bukan prajurit hamba atau pun sosok. Biarkan kami memperjuangkan fikrah kami yang kami yakini ketinggiannya karenaMu, hanya untuk Mu. Ikhlaskan niat, perkataan, perbuatan kami selama 2 bulan ke depan ya Allah.

Sungguh kemenangan ini asasi, jika yang kita menangkan bukan hanya posisi, melainkan kemenangan hati. Untuk hanya Allah tujuan kita !

Advertisements
hama-hama amal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s