serupa tapi tak sama

“mengharapkan tidak adanya swing voters dalam suatu pemilihan umum adalah sama utopisnya dengan mengharapkan keadilan “the invisible hand” dalam sistem ekonomi pasar bebas”

ya, suatu sistem yang dibuat oleh manusia pasti tidak sempurna dan mengandung kelemahan. Yang kelemahan ini bukan berarti tidak sempurnanya sistem yang dibuat. Tetapi kelemahan itu memang sudah ada sejak detik pertama sistem dibuat. Saya menyebutnya kelemahan bawaan. Kelemahan yang niscaya. Saya akan  mengambil dua contoh untuk menjelaskan fenomena ini.

Yang pertama adalah sistem perekonomian modern sekarang yang sering kita sebut pasar bebas. Salah satu teori yang menyokong sistem ekonomi ini adalah teori “the invisible hand”. Bahwa akan selalu ada tangan tidak terlihat yang akan mengatur dan menjadi penyeimbang bagi mekanisme permintaan dan penawaran. Tetapi benarkah tangan yang tidak terlihat itu benar-benar ada, dan meyebabkan keadilan harga antara pembeli dan penjual ? Jawabannya tidak saudara-saudara !! Karena ideal pasar bebas yang sempurna hanya bisa berjalan jika ada informasi yang sempurna. Sementara pada kenyataanya tidak ada pasar di dunia ini yang menyediakan informasi sempurna. Para pembeli dan pedagang pasti menghadapi fenomena informasi asimetri.

Fenomena kedua adalah fenomena swing voters. Ada yang bilang, bahwa pada suatu pemilu -minimal pemilu di Indonesia- jangan sampai ada swing voter. Semua pemilih harus tercerdaskan. Semua pemilih harus memilih dengan hati, cari yang terbaik. Huff, yap itu ideal bro! tapi pada kenyataannya berapa pemilih yang benar-benar tahu dan cerdas dalam memilih. Berapa pemilih yang memilih berdasarkan visi misi, program dan konten yang hendak dibawa ! di Indonesia, menjelang pemilu citra adalah segalanya. Orang yang mengabaikan citra dalam pemilu, sama seperti petinju yang masuk ke ring, tanpa sarung tinjunya. Konyol !

Advertisements
serupa tapi tak sama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s