Kemenangan Mental

Pertandingan sepak bola, selalu menarik untuk diperbincangkan (dan tentu saja dimainkan) karena ia tidak hanya menyangkut pada masalah teknik, strategi, ataupun kerja sama tim. Ia juga bicara masalah mentalitas !! Mentalitas untuk berusaha hingga akhir, sabar, cermat, dan mengerjakan sesuatu sesempurna mungkin. Ini ditunjukkan barca dan madrid dalam sebuah final yang mendebarkan dan seru tadi malam. Dan akhirnya, bagi saya yang menang adalah sepak bola itu sendiri. Karena berhasil menunjukan nilai-nilai luhur manusia dan tentu saja hiburan yang memukau.

dan lihatlah komentar kedua pelatih, setelah pertandingan yang sangat seru tersebut :

“Dalam sebuah pertandingan ada yang menang dan ada yang kalah, tak ada yang lain. Kami harus bangkit karena kami tak punya banyak waktu  dan kami perlu melihat bagaimana musim ini berakhir. Memang menang lebih baik ketimbang kalah, tetapi kami harus pulih. Kami berada dalam posisi yang baik di liga dan kami harus mempertahankannya. Kami memiliki pertandingan liga hari Sabtu dan saya harap orang-orang sadar apa yang harus kami perjuangkan. Kami tak boleh terpecah belah dan harus tetap maju. Kami harus menang di liga (BBVA) dan kemudian mencoba untuk melaju ke Wembley (untuk final Liga Champions)” (Pep Guardiola)

Titel ini bukan hanya milik saya. Setelah sangat lama sekali tak memenangi Copa del Rey, rasanya sangat menyenangkan. Ini tak ada hubungannya dengan titel. Ini soal mengubah struktur bagaimana klub bekerja, mental orang-orang di dalamnya. Jika kami tidak menang malam ini, saya akan sedih, tapi tetap rileks. Sama saja”. (Mourinho)

Advertisements
Kemenangan Mental

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s