belajar dan mengambil pelajaran

mengambil pelajaran adalah proses menumbuhkan, mematangkan, dan menguatkan kesadaran kita tentang makna sesungguhnya dari semua realitas diri kita, realitas lingkungan, realitas orang lain, realitas alam, dan realitas perjalanan hidup kita dari mana bermula dan akan ke mana berkesudahan.

membaca tarbawi edisi awal juni ini, sungguh jadi oase diantara segala kegiatan yang belakangan seakan-akan menjadi rutinitas belaka. Menyadari kembali bahwa yang terpenting dari perjalanan hidup kita ini, bukan sebanyak apa yang sudah kita pelajariatau seluas apa bumi ini telah dijelajahi, yang paling penting adalah sejauh mana kita mampu mengambil pelajaran dari itu semua.

banyak orang yang hidup di tengah segala keterbatasannya, baik itu fisik, keuangan maupun kesempatan, menjadi orang yang jauh lebih arif dan bijak memandang hidup ini. Jauh lebih mengerti dan dewasa, dalam artian sebenarnya. Ya, itu karena mereka tidak hanya sekedar belajar, tetapi mampu mengambil pelajaran.

bila yang terjadi adalah sebaliknya, betapa meruginya. umur dan usia dilewati, tetapi ia isi hari-harinya dengan hati yang beku dan mati. Tidak ada satu pun pelajaran yang ia ambil, kendati ia belajar di perguruan tinggi elit dan dikelilingi oleh fasilitas yang serba wah. Sehingga sangat relevan, suatu nasehat yang berkata “tidak penting apa yang kamu alami dalam hidup ini, yang penting adalah pemaknaan apa yang dapat kamu ambil dari setiap peristiwa dalam hidupmu!”.

sebagai penutup mari kita renungi taujih rabbani berikut ini :

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam kedaan tidak mengetahui sesuatu apapun, dan Dia memberi kamu pendengaran, pengelihatan, dan hati agar kamu bersyukur” (QS An-Nahl)

belajar dan mengambil pelajaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s