Ramadhan Produktif 1432 H

Bulan ramadhan adalah bulan dimana kebaikan melimpah ruang. Bulan penuh barakah dimana satu kebaikan akan disambut oleh kebaikan-kebaikan berikutnya. Alangkah meruginya orang yang tidak dapat mengambil hikmah dari hadiah Allah berupa bulan Ramadhan. Orang yang duduk bermalas-malasan padahal Allah telah menjanjikan kebaikan yang berlimpah ruah untuk setiap amal kebajikan.

Dengan pemahaman sperti itu, maka sungguh bulan ramadhan bukanlah bulan untuk bermalas-malasan. Bukanlah bulan untuk menangguhkan kewajiban-kewajiban. Sungguh aneh bangsa yang menjadikan ramadhan sebagai alasan untuk masuk kerja setengah hari, anak-anak dipaksa bersekolah setengah hari, serta beraktifitas tidak dengan sepenuh hati.

Ramadhan seharusnya menjadi bulan paling produktif. Bulan untuk menghasilkan banyak karya dan prestasi. Bulan untuk mengejar capaian-capaian terbaik. Di bulan ini sungguh Allah menjanjikan begitu banyak kebaikan dan keutaman.

Berkaca pada penjelasan diatas, Paling tidak ada 5 aspek yang harus terus menerus kita usahakan untuk produktif di bulan ramadhan ini

  1. Profuktif dalam amalan ibadah yaumi
  2. Produktif dalam akademik
  3. Produktif dalam karya dan prestasi
  4. Produktif dalam belajar dan menggali hikmah
  5. Produktif dalam amanah-amanah dakwah.

(contoh-contoh pada penjelasan berikutnya akan mengacu pada kehidupan saya, maksudnya sekaligus penyemangat untuk segera menuntaskan target-target) :

Produktif dalam amalan ibadah yaumi

Bulan ramadhan adalah bulan di mana kebajikan amalan ibadah magdhah Allah janjikan balasan berlipat-lipat.  Ganjaran amalan wajib Allah gandakan 7 kali lipat, sedangkan ganjaran amalan sunnah Allah samakan dengan amalan wajib. Maka produktif dalam amalan ibadah yaumi adalah niscaya.

Adapun program ramadhan yang mendukung untuk tercapainya produktif dalam amalan yaumi ini adalah :

  1. 1 day 1 hour with Quran
  2. 2 raka’at dhuha tiap hari
  3. Sedekah tiap hari
  4. Qiyamul lail tiap malam
  5. Maksimalkan shalat-shalat sunnah yang ada

Produktif dalam akademik

Bulan ramadhan adalah bulan untuk produktif dalam akademik. Bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan Tugas Akhir seperti saya, jangan jadikan bulan ramadhan sebagai alasan untuk menunda pengerjaan tugas akhir kita. Selesaikan tugas –tugas akademik secepatnya, dan sebaik-baiknya. Jangan pernah menunda-nunda.  Untuk Target, insya Allah sidang tugas akhir agustus atau maks awal september, selain itu saya sedang mempersiapkan diri  untuk tes toefl IBT dengan target minimal score 80. Bismillah insya Allah bisa

Produktif dalam karya dan prestasi

Bulan ramadhan juga harus menjadi bulan yang penuh untuk menggali karya dan prestasi. Alhamdulillah saat ini penulis dan teman-teman terdaftar sebagai finalis di salah satu kompetisi skala nasional dan sedang berusaha sebaik-baiknya menyelesaikan target proyek untuk bulan agustus ini Selain itu, saya juga sedang mengembangkan sebuah bisnis toko buku online yang diharapkan akan sustain tahun depan. Insya Allah ramadhan memang harus menjadi bulan untuk terus berkarya dan berprestasi.

Produktif dalam belajar dan menggali hikmah

Ramadhan harus menjadi waktu untuk sebanyak-banyaknya mengagali ilmu dan hikmah. Insya Allah ada 5 buku target yang harus di baca dan diresume yang mencakup buku dakwah, bisnis, dan marketing : Strat up local, crowd, fiqh dakwah, Management halaqah sukses, serta Kaidah Emas dari John maxwell.

Produktif dalam setiap amanah-amanah dakwah

Ramadahan harusnya membuat amal-amal dakwah kita semakin produktif. Alhamdulillah sampai saat ini 4 amanah dakwah masih dipegang dan terus dicoba untuk disempurnakan dengan ikhtiar terbaik. Bismillah, insya Allah bisa…

Ramadhan Produktif, ini tagline ramadhan saya tahun ini, kamu ??

Ramadhan Produktif 1432 H

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s