anak tangga kedua

Hmmp, akhir-akhir ini banyak sekali bahasan terkait anak tangga kedua ini. Mungkin memang sudah saatnya. Berbicara tentang anak tangga kedua ini, ada beberapa poin yang ingin saya tekankan terutama untuk diri saya sendiri :

1. Jangan pernah, jangan sampai pernah menghabiskan hampir seluruh pikiran untuk persiapan menuju anak tangga kedua ini, ketika diri belum siap. Terlalu banyak membincangkannya, terlalu banyak mendiskusikannya, membuat status galau, atau apapun yang berhubungan dengan anak tangga kedua ini. Ketika pada akhirnya mencapai tahap untuk mempersiapkan diri, maka lakukan dengan niat yang benar. Dengan tingkah yang wajar, dan proporsional. Bersikaplah dewasa dan yakinlah bahwa persiapan ini benar-benar persiapan untuk benar-benar melangkah ke anak tangga kedua. Bukan hanya sekedar rasa ingin tahu.

2. Luruskan niat. Seorang ustadz pernah berkata, urusan melangkah ke anak tangga kedua ini, setengahnya merupakan urusan niat. Niat yang baik pada saat melangkah menuju anak tangga kedua ini akan memancar pada tingkah yang tidak neko-neko, menjahui kesia-sian serta tetap produktif dalam amal-amal dakwah islam. Sehingga dapatlah diharapkan bahwa dengan proses yang baik, anak tangga kedua ini benar2 bisa menjadi anak tangga kedua dalam dakwah dan kebermanfaatan dirinya bagi umat. Betapa banyak orang yang menganggap bahwa anak tangga kedua ini adalah segalanya. adalah hadiah yang diberikan Allah untuk setiap jerih payahnya. Bukan, sama sekali bukan ! Anak tangga kedua ini justru adalah tarbiyah dari Allah agar hamba-hambarnya dapat semakin dekat padanya. Memperbanyak peluang ibadah kepadaNya dan  Menyatukan dua potensi yang terserak, membuatnya melejit.

3. Selalu sertakan Allah dalam tiap prosesnya. Selalu sertakan Allah dalam tiap prosesnya. Ya, menapaki anak tangga kedua adalah salah satu keputusan besar yang harus dihadapi seseorang dalam hidupnya. Keputusan ini kebanyakan bahkan mempengaruhi keseluruhan hidup seseorang. Maka yakinlah, hanya Allah yang paling tahu terhadap setiap urusan hambaNya. Bahwa ketika kita melibatkan Allah, maka sungguh Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan kita !! yakinlah ketika kita memohon hanya kepada Allah pasangan anak tangga kedua yang terbaik, maka Allah akan memberikannya. Bahkan terkadang plus ditambah proses yang sering sekali dimudahkan oleh Allah.

4. Selalu sertakan orang-orang sholeh. Kita terkadang seringkali lupa dan tersalah jika sendirian. Maka kita tidak bisa menafikan kehadiran orang-orang sholeh dalam kehidupan kita. Apatah lagi dalam mengambil keputusan besar dalam hidup ini termasuk menapaki anak tangga kedua ini. Seringkali Allah memberikan petunjuk, kemantapan hati, untuk menapaki anak tangga kedua ini dari orang-orang sholeh disekitar kita. Dari teduh pandangan matanya, dari sinar cahaya wajahnya, atau bahkan dari seringai manis senyumnya. Ya mereka ada, maka bersamailah mereka.

Itu 4 hal yang ingin saya tekan kan, khususnya kepada diri saya sendiri. Dan ketika sudah tiba saatnya, maka pastikan langkahkan kaki ke anak tangga kedua tanpa tendensi apapun. Pasrah lah pada Allah. Kecenderungan itu oke, tapi biarkanlah Allah yang memutuskan yang terbaik bagi kita. Melangkah ke anak tangga kedua ini sama seperti rezeki, Allah telah menentukannya bagi kita. Dan berdo’alaj semoga Allah memberikannya sebagai rezeki yang baik bagi kita.

Maka kunci nya hanya satu. Yakinlah, yakinlah kepada Allah. Melangkah tanpa tendensi apapun. Hanya pasrah kepada Allah. Hanya pasrah bahwa yang saat ini kita lakukan semoga merupakan bagian dari langkah-langkah kita semakin mendekatkan diri kepadaNya. Tidak kurang dan tidak lebih. Ya Allah, semoga engkau mudahkan kami melangkah menuju anak tangga kedua.

anak tangga kedua

One thought on “anak tangga kedua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s