Istiqomah

saya selalu kagum dengant saudara-saudariku yang benar-benar bisa istiqomah.

masa transisi antara kampus dengan dunia sebenarnya (dunia paska kampus), benar-benar masa-masa krusial dalam hidup seseorang. Dimana disini diuji ketahanan kita untuk tetap berpegang kepada idealita yang kita hadapi di kampus. Terlebih dari para aktivis dakwah. benar-benar diuji bagaiman agar bisa tetap istiqomah dengan nilai-nilai yang diyakini.

Jika dahulu banyak pikiran kita yang kita habiskan untuk program-program dakwah, saat ini bahkan lintasan pikiran untuk berdakwah pun sudah jarang terlintas. Pekerajaan yang kita lakukan pada akhirnya membawa kita pada rutinitas untuk bertahan hidup, bukan untuk memberikan sesuatu pada lingkungan sekitar kita.

Untuk ikhwan, cobaan terberat biasanya datang dari sisi metode mencari maisyah (penghasilan). Diawal ini banyak sekali tawawan yang sifatnya abu-abu. Kita belajar bergelut di dunia nyata dimana banyak sekali orang yang saling sikut untuk mendapatkan materi, ataupun posisi, ghibah menjadi hal biasa, hingga bercanda yang menjurus jorok menjadi obrolan santai. Kita belajar untuk survive ditengah banyaknya nilai-nilai tabu bagi kita.

Untuk akhwat, cobaan terberat biasanya datang dari segi penampilan. Jika dahulu di kampus sangat terbiasa untuk berpakaian syar’i, dengan gamis lebar dan rok panjang, serta kerudung syar’i maka dunia kerja terkadang menuntut untuk sedikit demi sedikit melepas atribut itu. Mulai dari kerudung yang dipendekkan, baju yang dikecilkan hingga melepas rok dan menggantinya dengan celana.

ya, ini kejadian nyata yang mungkin banyak dialami oleh teman-teman seangkatan saya saat ini. Dimana saat ini kita sedang sama-sama berjuang untuk survive di dunia paska kampus, yang ternyata tantangannya sangat berbeda dengan kampus.

Untuk itu, mari kita coba belajar untuk mengeja kata I.S.T.I.Q.O.M.A.H dalam setiap aktivitas kita. Memang berat untuk melaksanakan satu kata sakti ini. Makalingkungan yang mendukung, serta adanya nasihat yang rutin kita dapatkan mutlak diperlukan untuk menjaga keistiqomahan kita. Ada beberapa cara agar kita tetap istiqomah di jalan ini setelah paska kampus :

1. Tetap ngaji. Walau bagaimana pun juga pertemuan pekanan yang kita yang akan menjadi oase penyejuk kita ditengah banyaknya tantangan yang kita hadapi paska kampus. Bukan dengan sengaja nama yang disematkan untuk pertemuan ini adalah usrah yang dalam bahasa arabnya berarti tameng. Ya di pertemuan inilah kita mencoba untuk selalu dapat mencharge ruhiyah kita, mengisi fikriah kita, mengatur amal dakwah kita.

2. Tetap masukkan kerangka dakwah untuk setiap aktivitas apapun yang kita lakukan. Ya ini penting sekali. Mindset bahwa kita adalah du’at sebelum menjadi apapun. Dengan mindset ini kita akan mengarahkan seluruh aktivitas kita tidak hanya untuk sekedar tujuan duniawi, karena tujuan kita sama sekali bukan itu. Mindset tentang menjadi da’i sebelum menjadi apapun ini juga akan kuat sekali membentengi kita dari perbuatan yang diharamkan. Karena kita hadir disana untuk memberikan inspirasi kebaikan, bagaimana pula kita akan bisa memberi inspirasi kebaikan jika kita ikut terjebak dalam sistem yang rusak ? jadi pemeliharaan mindset ini penting sekali.

3. Coba cari rekan seperjuangan di tempat kita beraktivitas. Jika tidak ada, maka buatlah. Cari orang-orang yang hanif dan bisa diajak untuk bekerja sama mendukung kebaikan !!

4. Minta pertolongan kepada Allah. Ya dengan setiap usaha yang dilakukan di atas, kita tetap saja manusia yang lemah yang sering kali tergelincir ketika ujian itu ada di hadapan kita. Maka itu mintalah tolong kepada Allah agar kita selalu dikuatkan, mintalah kepada Allah agar kita dapat selalu ISTIQOMAH di jalan ini !

Istiqomah

One thought on “Istiqomah

  1. Zack Amirullah says:

    satu kata berjuta makna, berisi segudang ujian juga 🙂
    Semoga Allah senantiasa menganugerahi kenikmatan istiqamah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s